SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

"SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT" KARYA MARK MANSON

Judul                : Sebuah seni untuk bersikap bodo amat

Pengarang        : Mark Manson

Penerbit           : Grasindo

Tahun Terbit    : Tahun 2018




    Buku ini bercerita serta memberikan alasan ilmiah tentang bagaimana seseorang bisa bertahan hidup lebih menyenangkan dengan menggunakan prinsip "Bodo Amat" , kata bodo amat dalam buku ini ketika pertama kali mendengarnya terdengar asing dan sebuah prinsip yang aneh untuk hidup dengan cara acuh tak acuh. 

     Buku ini mengatakan "Jangan Berusaha" terdengar aneh di telinga , yang kita dengan dari para motivator adalah "Terus Berusaha" bagaimana bisa menjadi kebalikannya ?. Yang dimaksud dari jangan berusaha di dalam buku ini adalah bagaimana seseorang bisa menerima segala keadaan dirinya dengan sejujur-jujurnya tanpa ada batas apapun antara dirinya dan apa yang dirasakannya. Seseorang kadangkala selalu saja bersembunyi dari kenyataan hidupnya sendiri , kadangkala dia merasa sedih dan kesepian sedangkan dia tidak bisa menerima bahwa dirinya sedang menyedihkan tanpa teman dia berkata pada dirinya "aku senang dan tidak kesepian, kok" , jujur kepada diri sendiri memang sulit namun bisa dilakukan. Ketika kamu menyatakan hal yang tidak sebenarnya kepada dirimu sendiri tentang masalah keseharianmu hal itu sama sekali tidak membuatmu merasa lebih baik , bahkan lebih buruk. andai kau mengatakan "iya , aku kesepian. Tapi, apa pedulimu ?". Kejujuran sederhana seperti itu jika dilakukan terus-menerus akan membuat dirimu merasa lebih baik. Kau tidak perlu bersembunyi dari dirimu sendiri , akuilah jika kau kalah karna menang bukan segalanya , akuilah jika kau gagal karna masih ada hal yang lebih layak untukmu , katakan pada mereka "Apa pedulimu ?".

        "Kebahagiaan adalah masalah" , kutipan yang cukup aneh untuk di ucapkan, kadangkala orang mencari , mengunjungi , dan bahkan melakukan sesuatu hanya untuk mencari sebuah titik yang dinamakan dengan kebahagiaan. "Jika kau terus mencari makna kebahagiaan , kau tidak akan pernah merasakan apa itu bahagia" , kutipan yang lagi-lagi bertolak belakang. 

           Sebenernya, kebahagiaan berasal dari memecahkan masalah. Masalah terus ada kian hari , berbagai persoalan datang kepada diri kita tanpa permisi lalu menghancurkan apa yang kita miliki. Orang-orang marah , sedih , putus asa , hampir menyerah , dikarenakan masalah yang terus menumpuk dan tak diselesaikan olehnya. Mereka berangan-angan ingin mencari sebuah kebahagiaan dimana mereka bisa hidup nyaman dan santai tanpa mempunyai masalah hidup sedikitpun, tanpa harus memeras kinerja otak , tanpa harus memeras energi fisik, namun itu hanyalah khayalan yang sangat semu dan mustahil. 

        Kebahagiaan datang ketika anda berhasil memecahkan masalah , melewati segala rintangan yang tak tau bisa dilalui, tak menyadari bahwa anda mampu sampai di titik itu , berderai air mata dan haru karna anda ternyata bisa melewatinya , dalam proses yang anda lalui itulah sebuah kebahagiaan berasal. Mungkin anda berfikir bahwa putus asa dan hampir menyerah adalah tahun-tahun terparah dalam hidup anda , namun suatu saat anda akan sadar ketika anda menceritakan pengalaman anda yang penuh jeri payah , hampir putus asa , ingin menyerah kepada anak cucu anda bahwa ketika anda menengok ke belakang , itu adalah tahun-tahun yang paling indah.

Komentar

Paradoks Of life

PKM - PM UNMUL Bergerak Menuntaskan Pernikahan Dini melalui Program Ruang Kasih Sayang

HOW TO CHANGE YOURSELF

PARADOX OF LIFE